Shahih al-Bukhari: 1769

Rasulullah paling dermawan di Ramadhan

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ بِالْخَيْرِ، وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ، وَكَانَ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلاَم يَلْقَاهُ كُلَّ لَيْلَةٍ فِي رَمَضَانَ حَتَّى يَنْسَلِخَ، يَعْرِضُ عَلَيْهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْقُرْآنَ، فَإِذَا لَقِيَهُ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلاَم كَانَ أَجْوَدَ بِالْخَيْرِ مِنْ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ.

Dari Ibn Abbas ra, dia berkata:

Nabi saw adalah orang yang paling dermawan dalam segala kebaikan. Dan kedermawanan beliau yang paling baik adalah di bulan Ramadhan, ketika Jibril datang menemui beliau. Dan Jibril as datang menemui beliau setiap malam di bulan Ramadhan hingga (bulan Ramadhan) selesai, Nabi saw membaca al-Quran di hadapannya. Apabila Jibril as datang menemui beliau, maka beliau adalah orang yang paling dermawan dalam kebaikan melebihi angin yang berhembus.


Shahih al-Bukhari: 1769

Rasulullah paling dermawan di Ramadhan

Pesan Hadis :
1. Anjuran untuk banyak bersedekah di bulan Ramadhan. 2. Anjuran untuk memperbanyak tilawah al-Quran di bulan Ramadhan. 3. Setiap tahun di bulan Ramadhan Jibril mendatangi Rasulullah untuk membacakan surat-surat al-Quran secara berurutan.